Kamis, 28 Maret 2019

                                        KOMUNIKASI PRODUKTIF DENGAN ANAK
                                                                          T10 - Day 1

Bismillahirrohmaanirrohiim....
Alhamdulillah bisa masuk mahasiswa Bunsay Batch 5 Joglo alias Jogja Solo. Sekarang baru memasuki bulan pertama masa kuliah. Tantangan di bulan pertama adalah tentang Komunikasi Produktif (Komprod). Saya mempraktekkan komprod dengan anak.

Berikut adalah hari pertama tantangan sepuluh hari (T10) game level 1. Malam sebelumnya sudah mulai manyun-manyun sebenarnya, tetapi suami mengungatkan eh...komprod-komprod...wkwkwk...

Pagi setelah bangun, anak sudah menyapa duluan dengan salam dan senyum. Alhamdulillah..., biasanya kalau sudah salam seperti itu pagi berjalan nyaman. Sampai akhirnya berangkat sekolah dengan semangat.

Komprod baru dimulai pukul 16.00 WIB setelah pulang sekolah.
Ketika pulang sekolah kebetulan ada saudara yang main, sehingga tidak secara langsung berkomunikasi dengan mas Faza. Tetapi seperti biasa jika ada tamu Faza besikap  "caper alias lebai alias manja :) ".

Setelah saudara pulang,inilah saatnya mempraktekkan point-point komprod :).
Pertama ketika diminta berhenti untuk menonton televisi:
Umak: mas, Melihat televisinya mau berhenti sekarang atau nanti ketika dijarum jam tepat di angka                12?
Mas   : nanti di angka 2 saja (sambil lihat jam dinding)
Alhamdulillah ketika jarum panjang jam dinding menunjuk ke anggka 2 televisi diatikan.
(Ganti printah dengan pilihan)

Selanjutnya mas Faza main pianika dan tidak berapa lama saya mengingatkan kewajiban di sore hari, yaitu baca dan ngaji sebelum main.
Umak: mas, mau baca TE (talking English), baca kamu, atau ngaji dulu...? (pertanyaan ini dijawab                  lama karena dia aktif main pianikanya)
            Saya berkali-kali bilang mau pilih baca TE, kamus atau ngaji mas? (dengan mengusap kepala              dan pundaknya serta menatap matanya)
Mas   : mau baca TE, ustad bilang dibilang untuk belajar "what time it is?"
Umak: Ok silahkan... (mas akhirnya baca TE )
(Mengendalikan emosi dan ganti printah dengan pilihan)

Sampai akhirnya pukul 17.00
Mas    : mau dibeliin sepeda, aku cuma lihat televisi dirumah, teman-teman pada main sepeda
Umak : iya po? wah sepeda kan mahal mas...ibu belum ada uang untuk beli...
Mas    : itu lho uangnya (menunjuk uang koin yang dicelengan)
Umak : Itu belum cukup mas, sepeda kan mahal, nanti ibu nabung dulu ya..., sambil nunggu nabung                 mas Faza mau melakukan apa untuk disetor ke ibu? mau baca kamus, TE atau apa? tau buku               baru yang besok datang ya ... bukunya bagus lho ada yang seprti permainan yang boboy boy               itu yang ada didownlod itu lho mas...
             Sini ibu tunjukkan bukunya (lihat buku Ensiklopedia Bocah Muslim (EBM))
             Akhirnya deal sebelum tabungan cukup untuk beli sepeda mas Faza mau membaca dulu                       buku EBM sebanyak 13 buku.

Waktu mulai malam.
Mas Faza makan malam dimasakin bapak, sedang ibu sedang sama adek yang masih batuk pilek.
Mas    : aku pingin beli sepeda (deal sebelumnya dilupakan:))
Umak : lho tadi kan udah deal to...?
Mas    : aku g suka kata deal, deal lagi deal lagi
Umak : ya udah gant kata dengan setuju
             kan tadi udah to setuju nanti beli sepeda jika tabungan sudah banyak
Mas   : (muka sedih dan manyun)
             aku kan pengin main kaya temen-temen, itu lho too sepedanya aku tahu, aku mau sepeda                      yang di situ, nanti ga ada bu...(maksudnya keburu dibeli uang)
Umak : mas, tadi kan udah setuju...jadi latihan sabar ya...latihan tanggung jawab ya...biar jadi orang                 hebat, mas Faza baca buku dulu baru kalau uangnya banyak mas Faza nanti beli                                   sepeda...jangan lupa terus berdoa minta sama Allah...
(Mengatakan keinginan)
Mas    : aku tidak berdoa
Umak : ya harus doa minta sama Allah diberi sepeda...
Mas    : (sambil muka sedih) aku dulu bees-bees tempat tidur aku dipeluk-peluk sama ibu, pas aku                    cemberut aku juga dipeluk-peluk ibu jadi aku senyum...
Umak : (langsung makdeg) masyaallah mas...sini-sini ibu peluk...duuuh anak ibu yag hebat sini                        dipeluk, sambil nangis ...(ternyata ketika dia sedang sedih juga inginnya dipeluk-                                  peluk...maaf  ibu kurang dong...ini adek lagi sakit jadi kurang ngeh juga...uwaaah...sedih                      banget lihatya...dan selanjutya da tidur dalam keadaan masih sedih...)

Saya sudah berusaha untuk menahan emosi hari ini... :)

semoga pagi menyapa dengan "assalamualaikum" lagi dan senyum manis..., ibu sayang mas Faza

Berikut adalah point-point yang tercapai di hari pertam T10


#hari1
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional


2 komentar:

  1. Karena kita pikir anak kita sudah besar dan kita sibuk ngurusin si adik,kadang suka lupa meluk kakak nya ya mbk hehehe(saya banget)

    BalasHapus
  2. Karena kita pikir anak kita sudah besar dan kita sibuk ngurusin si adik,kadang suka lupa meluk kakak nya ya mbk hehehe(saya banget)

    BalasHapus