Game Level 4
Gaya Belajar Anak
H-10
💙😂😂😂💙
Owoooow....Eh kok tiba-tiba uwooo ada apa sih? Hi3 tidak ada
apa-apa cuma lagi bahagai...
Salam dulu ah...biar
hati nyaman dan berkah...
Assalamualaikum wrwb...
Bismillahirrohmaanirrohiim...Hari ke sepuluh...alhamdulillah...
Hari ini mas F beli mainan (apa ya
namanya?), itu lho mainan yang kalau direndam jadi besar seperti kelereng
dengan bermacam-macam warnanya. Of course ada “keceh-keceh”nya. Nah rencananya
mas F mau jualan ke teman-teman sekolahnya.
Ibu :
mas...ini mau diapakan (maiannya)?
Mas F :
mau direndam terus nanti besar-besar itu lho bu kaya kelereng...(lanjut ambil
alat-alat untuk merendam)
Ibu :
(oh...)
Mas F :
Mas F mau jualan di sekolah itu lho bu nanti mau diijual ke teman-teman
Ibu :
loh kok malah direndam...? bawanya bagaimana nanti? (Umak khawatir tas dan buku
basah hi3, karena saya kira jual yang masih plastik yang masih kecil-kecil
belum mengembang, tapi ya sudahlah...biasanya mas F punya ide bagaimana cara
bawanya “dan saya masih mikir juga: apa teman-temannya mau beli...?”)
Setelah eksekusi ambil alat-alat, mas
F mempersiapkan buku kecil, pensil, dan buku bacaan dekat meja, serta toples,
dan gelas. Eh spidol juga.
Ibu :
Mas..., ini (buku dan lain-lain) utuk apa?
Mas F :
ini (buku kecil) untuk menghitung siapa saja yang beli
Ibu :
Terus kok ada buku bacaan dan toples, gelas?
Mas F :
kalau buku ini (bacaan) ya untuk dibaca, nanti kan kalau ada yang beli biar bisa
sambil baca...dan sambil makan, gito lho ibu...
Ibu :
oh... (masih penasaran, kan jualan mau di sekolah kok dirumah udah ditata
seperti itu, terus kalau malam ada tulisan “tutup 😍😍😍”)
Betewe and aniwe...ternyata dirumah
tidak jualan cuma dibuat seperti mau jualan saja...dari membuat tulisan buka,
tutup, siapa yang beli, harganya berapa dan buku bacaan untuk disiapkan bagi
pembeli hi3...
Dan ternyata mainan tersebut dibawa
ke sekolah dengan menggunakan plastik, dibungkus-bungkus gitu..., ah bisa
saja...
Ah ternyata setelah pulang...:
Ibu :
Mas...bagaimana jualannya? Ada yang beli?
Mas F :
Ada bu tadi ada yang dua ribu, ada yang seribu...
Ibu :
lho...beneran ada yang beli (seakan tidak percaya...wong cuma mainan seperti
itu dan basah-basah 😂😂😂). Trus yang beli mas-mas atau mba-mba...
Mas F :
yang beli mba-mba bu...(lanjut cerita buku dan alat tulis yang dibeli
dikoperasi sekolah dari hasil jualannya... 😗😗😗)
Terus...bagaimana menghitung untung
dan ruginya? Beli awalnya berapa? Jualnya jadi berapa? Hi3...
Belum sempat dibahas, karena itu ide
mas F yang mau jualan maiannya dan sudah dibuat mainan sendiri wkwkwkw..😂😂😂tetapi
yang jelas mainan yang dijual harganya sekitar Rp2.000,00 dan laporan mas F, uang
jualannya bisa untuk beli buku, penghapus dan pernik-pernik lain untuk
kelengkapan sekolah mas F...Alias untung ya...Alhamdulillah...
Ah tidak habis pikir juga...kok mau
ya mba-mba (teman perempuan satu kelas mas F) beli mainan seperti itu...hi3...Ah
jangan menyamakan persepsi kita dengan anak-anak, karena anak-anak punya
imajinasi yang tidak terbatas....(eh jangan-jangan yang beli mb...? eh ibu ada ada saja, soalnya ada yang ngefen juga sama mas F, hi3...upss!!)
Oke akhirnya kami membicarakan “besok
mau jualan apa lagi ya mas...?”
Sampai waktupun semakin malam dan
melambaikan tangan untuk memeluk kami dan segera istirahat...Alhamdulillah...
Kali ini mas F belajar berhitung,
belajar bisnis dan belajar merencanakan..., mas F sudah punya rencana yang
bagus kalau dilihat dari persipaan jualannya. Berdasarkan kegiatan jualan ala-ala tersebut, tampak kalau mas F suka belajar sambil praktek, suka permaian
yang menyibukkan..., gaya belajar kinestetik.
Semoga jadi pebisnis yang handal dan
soleh ya mas...karena Rosul kita Muhammad SAW mencontohkan kita untuk bisnis (dagang)...dan
bermanfaat untuk umat, Aamiin...
I love u banyak2 dan takkan pernah
berhenti....mmmmuaaach3...
Wassalamu’alaikum wrwb...
Hari ke-
|
Tgl
|
Kegiatan
|
Kejadian yang terlihat
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestik
|
1
|
11/Juli/2019
|
Merangkai lego
|
Bicara agak cepat
|
v
|
|
|
|
|
|
Mementingkan penampilan dalam berpakaian
|
v
|
v
|
v
|
|
|
|
Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan tetapi tidak pandai
memilih kata-kata
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar melalui manipulasi dan praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
12-7-2019
|
Menggambar lego yang telah disusun
|
Suka berdemonstrasi (memainkan legonya dan merangkai legoya sesuai
keinginan sendiri)
|
v
|
|
|
|
|
|
Menggambar sesuai dengan imajinasi yang sedang dibayangkan
|
v
|
|
|
|
|
|
Ketika menggambar punya pemilihan warna yang bagus atau menggambar
sudah berdegradasi warna yang bagus
(kepekaan kuat terhadap warna)
|
v
|
|
|
3
|
13-7-2019
|
Bermain game matematika
|
Lebih antusias ketika belajar dengan vidio
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar mengjitung dengan uang beneran J
(belajar dengan hal yang menarik)
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar bahas inggris dengan youtube (vidio)
|
v
|
|
|
4
|
14-7-209
|
Bermain game matematika
|
Antusias untuk belajar dengan game
|
v
|
|
|
|
|
Main lego bersama teman-teman
|
Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan tetapi tidak pandai
memilih kata-kata
(Hal ini masih ada dua kemungkinan, bisa karena memang alasan
tersebut bisa jug akarena dulu mas F deley bicaranya)
|
v
|
|
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
hebat dalam bercerita
|
|
|
v
|
5
|
15-7-2019
|
Persiapan sekolah
|
Membaca pesan sendiri untuk (meyakinkan diri sendiri) walaupun sudah dibacakan
bapak
|
v
|
|
|
|
|
|
Penampilan...wah selalu menarik J
|
v
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
16-7-2019
|
Main lego
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
Main peran
|
Lebih suka demonstrasi
|
v
|
|
|
|
|
Hafalan surat Yasin
|
Bercerita dengan hebat
|
|
|
v
|
|
|
|
Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
|
|
|
v
|
|
|
|
Lebih suka gurauan lisan
|
|
v
|
|
|
|
|
Seringkali mengetahui apa yang dikatakn tetapi tidak pandai memilih
kata-kata
|
v
|
|
|
7
|
17-7-2019
|
Belajar matematika (sendiri)
|
Serius membaca (walaupun Cuma sebentar)
|
v
|
|
|
|
|
Belajar dengan game
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
8
|
18-7-2019
|
Belajar bahasa inggris pakai kartu
|
Mau praktek belajar bahasa inggris (dengan menggunakan kartu made in
ibu J)
|
|
|
v
|
|
|
Belajar bahasa inggris pakai pen (TE)
|
Belajar dengan demontrasi
|
v
|
|
|
|
|
|
Menghafal dengan melihat
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang meyibukkan (melalui TE)
|
|
|
v
|
9
|
19-7-2019
|
Belajar dengan game
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
Lebih suka mealkukan demonstrasi
|
v
|
|
|
10
|
20-7-2019
|
Jualan
|
Belajar dengan praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
#hari10
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#ILoveToLearn
#kuliahBunSayIIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar