Game Level 4
Gaya Belajar Anak
💦💦💦
H-12
Assalamualaikum wrwb...
Bismillahirrohmaanirrohiim...Hari ke duabelas...alhamdulillah...
Wah...satu minggu ke depan mas F
masih materi matrikulasi, jadi masih mengulang materi-materi kelas 2, baik
materi pelajarannya atau pembekalan karakternya. Alhamdulillah mas F sudah mandiri,
mulai menyiapkan buku, baju ganti, air minum, sepatu, dan yang lainnya.
Hari
ini mas F belajar perkalian yang dulu sudah hafal. Sebelumnya minta main lego dan
makan jeruk dulu...ah...ini bakal lamaaa. Sebenarnya ibunya J sudah tidak sabar nunggu mas F main
lego terus belajar, tapi ya sudahlah tahan3...😰😰😰
Setelah makan jeruk habis...ternyata
legonya belum mau lepas. Yach...habis libur butuh waktu lama untuk mengkondisikan kebiasaan
yang sebelumnya sudah berjalan. Akhirnya sambil main lego mas F menghafal
perkalian sama bapak. Kalau masih perkalian dengan angka yang kecil mas F masih
hafal, tetapi kalau angkanya besar mas F masih lama mikiiiir, terkadang
jawabnya coba-coba karena tidak mau mikir hi3 😓, kadang tidak mau dibantu karena
mau usaha sendiri 😘. Kali ini mas F mau usaha sendiri, awalnya sih tidak mau berfikir dan terus main
lego...tetapi akhirnya mau juga.
Ketika tidak hafal, mas F menggunakan
bantuan tangan atau yang lain untuk membantu merecall hafalan yang sebelumnya.
Kali ini mas F lupa ketika bapak memberikan pertanyaan 6 x 8. Mas F masih lama
jawabnya..., dan akhirnya tangannya mencoret-coret seolah menulis ditembok
untuk menghitungnya. Secara konsep, sebenarnya mas F paham arti perkalian,
tetapi karena lama tidak mengulang akhirnya lupa 😰😰😰...(hi3...ibunya kurang
konsisten sih... J).
Cara mas F mengihitung hasil dari 6 x
8:
6 x 2 = 12, maka 12 nya ada 4 jadi
hasilnya 12 + 12 = 24, selanjutnya 24 + 24 = 48...(konsep sudah benar). Dan
seterusnya diulangi bersama bapak, dan Aufa tentunya yang ikut ngobrak-ngabrik
legonya mas F...
Alhamdulillah belajar selesai pukul
20.30 terus siap-siap bobo...
Kegiatan mas F kali ini yang tampak
adalah gaya belajar visual ketika merecall hafalannya yaitu dia seolah
mencoret-coret tembok untuk menghitung perkalian. Selanjutnya kinestetik juga
muncul, yaitu belajar sambil main lego selain belajar dengan manipulasi dalam
menghitung perkalian tersebut.
Sekian dulu gaes...CU ya...i love
U... J J J
Semoga selalu dalam lindungan Allah
SWT Aamiin...
Wassalamu’alaikum wrwb...
Berikut adalah tabel observasi dari
kegiatan di tantangan mas F
Hari ke-
|
Tgl
|
Kegiatan
|
Kejadian yang terlihat
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestik
|
1
|
11/Juli/2019
|
Merangkai lego
|
Bicara agak cepat
|
v
|
|
|
|
|
|
Mementingkan penampilan dalam berpakaian
|
v
|
v
|
v
|
|
|
|
Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan tetapi tidak pandai
memilih kata-kata
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar melalui manipulasi dan praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
12-7-2019
|
Menggambar lego yang telah disusun
|
Suka berdemonstrasi (memainkan legonya dan merangkai legoya sesuai keinginan
sendiri)
|
v
|
|
|
|
|
|
Menggambar sesuai dengan imajinasi yang sedang dibayangkan
|
v
|
|
|
|
|
|
Ketika menggambar punya pemilihan warna yang bagus atau menggambar
sudah berdegradasi warna yang bagus
(kepekaan kuat terhadap warna)
|
v
|
|
|
3
|
13-7-2019
|
Bermain game matematika
|
Lebih antusias ketika belajar dengan vidio
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar mengjitung dengan uang beneran J
(belajar dengan hal yang menarik)
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar bahas inggris dengan youtube (vidio)
|
v
|
|
|
4
|
14-7-209
|
Bermain game matematika
|
Antusias untuk belajar dengan game
|
v
|
|
|
|
|
Main lego bersama teman-teman
|
Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan tetapi tidak pandai
memilih kata-kata
(Hal ini masih ada dua kemungkinan, bisa karena memang alasan
tersebut bisa jug akarena dulu mas F deley bicaranya)
|
v
|
|
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
hebat dalam bercerita
|
|
|
v
|
5
|
15-7-2019
|
Persiapan sekolah
|
Membaca pesan sendiri untuk (meyakinkan diri sendiri) walaupun sudah
dibacakan bapak
|
v
|
|
|
|
|
|
Penampilan...wah selalu menarik J
|
v
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
16-7-2019
|
Main lego
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
Main peran
|
Lebih suka demonstrasi
|
v
|
|
|
|
|
Hafalan surat Yasin
|
Bercerita dengan hebat
|
|
|
v
|
|
|
|
Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
|
|
|
v
|
|
|
|
Lebih suka gurauan lisan
|
|
v
|
|
|
|
|
Seringkali mengetahui apa yang dikatakn tetapi tidak pandai memilih
kata-kata
|
v
|
|
|
7
|
17-7-2019
|
Belajar matematika (sendiri)
|
Serius membaca (walaupun Cuma sebentar)
|
v
|
|
|
|
|
Belajar dengan game
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
8
|
18-7-2019
|
Belajar bahasa inggris pakai kartu
|
Mau praktek belajar bahasa inggris (dengan menggunakan kartu made in
ibu J)
|
|
|
v
|
|
|
Belajar bahasa inggris pakai pen (TE)
|
Belajar dengan demontrasi
|
v
|
|
|
|
|
|
Menghafal dengan melihat
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang meyibukkan (melalui TE)
|
|
|
v
|
9
|
19-7-2019
|
Belajar dengan game
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
Lebih suka mealkukan demonstrasi
|
v
|
|
|
10
|
20-7-2019
|
Jualan
|
Belajar dengan praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
11
|
21-7-2019
|
Main lego
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
Menyampuli buku
|
Mengingat apa yang dilihat dari pada apa yang didengar
|
v
|
|
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
12
|
22-7-2019
|
Main lego
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
Hafalan perkalian
|
Melakukan demonstrasi (mencoret-coret untuk menghitung perkalian)
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar manipulasi (mencoret-coret untuk menghitung perkalian) dan
praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
#hari12
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#ILoveToLearn
#kuliahBunSayIIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar