Game Level 4
Gaya Belajar Anak
💦💦💦
H-14
Assalamualaikum wrwb...
Bismillahirrohmaanirrohiim...Hari ke empatbelas...alhamdulillah...
Kamis, 24 Juli 2019 Mas Faza hari ini
pulang menggunakan ojol...
Karena si kecil Aufa masih demam...
Bapak tidak sempat... Ibu juga tidak sempat... maaf ya mas Faza sayang...
Fokus belajar hari ini mencoba
mencongak beberapa perkalian dan pembagian dengan bilangan yang sifatnya
puluhan atau di bawah 100.
Targetnya untuk melihat mas Faza
menyelesaikan soal - soal yang
diberikan. Bagaimana mas Faza memproses sampai ketemu jawaban yang benar?
Seperti biasa bapak mas Faza memberi
soal-soal yang mas Faza sudah expert. Tujuannya agar menarik atau memupuk
motivasi belajar mas Faza.
Contohnya
2 x 3, 8 x 5, 5 x5, dll
Sambil memberi pujian-pujian yang
memotivasi.
Setelah itu, langsung deh aksinya
soal pertama
13 x 3.
Mas Faza cuma merem melek sambil
tangannya seperti sedang menghitung sesuatu.... Dan akhirnya menjawab 39.
Selanjutnya soal kedua 14 x 4... Mas
Faza kali ini merem melek sambil gaya hitung pake tangan di tambah jempalitan
agak cukup lama. Tapi masih konsen menghitung... Dan jawaban mas Faza yang
pertama tidak benar.... 46.
Bapak bilang "emeh
bener..." artinya hampir betul... Mas Faza mengulangi dan akhirnya betul
56. "Hebat!!!"
Melihat dua kasus tersebut.. Hal yang
menonjol adalah kinestetik ditunjukkan polah mas Faza. Hal yang lain adalah
visual yaitu dilihat dari gerak tangan yang seperti menulis angka-angka ketika
menghitung. Terlihat juga terkadang mas Faza merem seperti membayangkan soal
atau pekerjaan yang sedang ia selesaikan.
Kesimpanya kinestetik dan visual masih
paling menonjol. J
CU besok ya...
Wassalamu’alaikum wrwb...
Berikut adalah tabel observasi dari
kegiatan di tantangan mas F
Hari ke-
|
Tgl
|
Kegiatan
|
Kejadian yang terlihat
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestik
|
1
|
11/Juli/2019
|
Merangkai lego
|
Bicara agak cepat
|
v
|
|
|
|
|
|
Mementingkan penampilan dalam berpakaian
|
v
|
v
|
v
|
|
|
|
Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan tetapi tidak pandai
memilih kata-kata
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar melalui manipulasi dan praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
12-7-2019
|
Menggambar lego yang telah disusun
|
Suka berdemonstrasi (memainkan legonya dan merangkai legoya sesuai
keinginan sendiri)
|
v
|
|
|
|
|
|
Menggambar sesuai dengan imajinasi yang sedang dibayangkan
|
v
|
|
|
|
|
|
Ketika menggambar punya pemilihan warna yang bagus atau menggambar
sudah berdegradasi warna yang bagus
(kepekaan kuat terhadap warna)
|
v
|
|
|
3
|
13-7-2019
|
Bermain game matematika
|
Lebih antusias ketika belajar dengan vidio
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar mengjitung dengan uang beneran J
(belajar dengan hal yang menarik)
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar bahas inggris dengan youtube (vidio)
|
v
|
|
|
4
|
14-7-209
|
Bermain game matematika
|
Antusias untuk belajar dengan game
|
v
|
|
|
|
|
Main lego bersama teman-teman
|
Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan tetapi tidak pandai
memilih kata-kata
(Hal ini masih ada dua kemungkinan, bisa karena memang alasan
tersebut bisa jug akarena dulu mas F deley bicaranya)
|
v
|
|
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
hebat dalam bercerita
|
|
|
v
|
5
|
15-7-2019
|
Persiapan sekolah
|
Membaca pesan sendiri untuk (meyakinkan diri sendiri) walaupun sudah
dibacakan bapak
|
v
|
|
|
|
|
|
Penampilan...wah selalu menarik J
|
v
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
16-7-2019
|
Main lego
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
Main peran
|
Lebih suka demonstrasi
|
v
|
|
|
|
|
Hafalan surat Yasin
|
Bercerita dengan hebat
|
|
|
v
|
|
|
|
Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
|
|
|
v
|
|
|
|
Lebih suka gurauan lisan
|
|
v
|
|
|
|
|
Seringkali mengetahui apa yang dikatakn tetapi tidak pandai memilih
kata-kata
|
v
|
|
|
7
|
17-7-2019
|
Belajar matematika (sendiri)
|
Serius membaca (walaupun Cuma sebentar)
|
v
|
|
|
|
|
Belajar dengan game
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
8
|
18-7-2019
|
Belajar bahasa inggris pakai kartu
|
Mau praktek belajar bahasa inggris (dengan menggunakan kartu made in
ibu J)
|
|
|
v
|
|
|
Belajar bahasa inggris pakai pen (TE)
|
Belajar dengan demontrasi
|
v
|
|
|
|
|
|
Menghafal dengan melihat
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang meyibukkan (melalui TE)
|
|
|
v
|
9
|
19-7-2019
|
Belajar dengan game
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
Lebih suka mealkukan demonstrasi
|
v
|
|
|
10
|
20-7-2019
|
Jualan
|
Belajar dengan praktek
|
|
|
v
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
11
|
21-7-2019
|
Main lego
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
|
|
Menyampuli buku
|
Mengingat apa yang dilihat dari pada apa yang didengar
|
v
|
|
|
|
|
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
12
|
22-7-2019
|
Main lego
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
Hafalan perkalian
|
Melakukan demonstrasi (mencoret-coret untuk menghitung perkalian)
|
v
|
|
|
|
|
|
Belajar manipulasi (mencoret-coret untuk menghitung perkalian) dan
praktek
|
|
|
v
|
13
|
23-7-2019
|
Lihat you tube tentang Bilal
|
Mengingat yang dilihat (lihat vidio Bilal)
|
v
|
|
|
|
|
Membaca
|
Bicara agak cepat
|
v
|
|
|
|
|
Menari
|
Melakukan demonstrasi (ketika bercerita tentang Bilal dan perang)
|
v
|
|
|
|
|
Cerita
|
Menyukai permainan yang menyibukkan
|
|
|
v
|
|
|
|
Belajar melalui praktek
|
|
|
v
|
14
|
24-7-2019
|
Belajar perkalian mencongak
|
Gerak tangan yang seperti menulis
angka-angka ketika menghitung.
|
v
|
|
|
|
|
|
Gerak tingkah laku dalam proses belajar
|
|
|
v
|
#hari14
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#ILoveToLearn
#kuliahBunSayIIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar