Rabu, 18 Maret 2020


**Keluarga 🌟 Multimedia**

Game Level 12
H-1

Bismillahirrohmaanirrohiim…



Assalamu’alaikum wrwb…
Alhamdulillah hari ini mulai game level 12…
Yeee…seru nich materinya, iyyyap tentang IT, yang bertemakan “Keluarga Multimedia”. Setiap hari cari satu aplikasi dan di review.
Yup tetep semangat hunting cari-cari aplikasi nich…

Untuk tantangan ini, saya pilih yang ada hubungannya dengan produktivitas kerja saya. Karena saya adalah seorang guru maka nanti akan lebih banyak yang direview adalah aplikasi-aplikasi yang terkait dalam pembelajaran. Sisanya mau hunting yang ada hubungannya dengan aplikasi yang pure hubungannya dengan ibu rumah tangga hi3, missal cara menuliskan anggran rumah tangga, cara menghitung kalori yang dibutuhkan tubuh dan sebagainya…ups!


Yup! Yang pertama langsung aja nich mau mereview tentang apliaksi “zoom”
Lebih tepatnya “Zoom Cloud Meeting” yaitu sebuah aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi dimanapun dan kapanpun dengan banyak orang tanpa harus bertemu fisik secara langsung.

Ketika diinstal dengan laptop nanti akan secara otomatis tersambung dengan webcame. Selain diinstal di laptop bisa juga di instal di hape. Kelemahan jika di diisntal di hape ketika share materi adalah wajah pemateri tidak bisa tampak, hanya suara saja yang masih kedengaran. Jika menggunakan laptop wajah pemateri kelihatan dan masih bisa berinteraksi dengan audience.
Seperti tampak berikut:




 Jika menggunakan Smartphone Android, bisa mengunduhnya di PlayStore dengan keyword "Zoom.Us" Jika ingin melakukan Confrence secara bersama-sama, bisa melakukan invite atau bisa juga dengan menginformasikan "ID Meeting" kepada rekan. Relatif lebih mudah. Jadi itulah aplikasi Zoom Cloud Meeting, dapat mempertemukan banyak orang di dalam satu ruang aplikasi, serta mempermudah dan mempersingkat waktu pertemuan. Jadi dengan adanya aplikasi ini kita dapat lebih terbantu berkomunikasi walaupun jarak jauh, semua penjelasan dan pesan dapat tersampaikan secara langsung tanpa harus bertemu secara fisik.

Nah tepat banget tuh dengan waktu sekarang yang sedang libur Covid-19 selama 2 minggu. Saya langsung cus coba converence dengan anak-anak menggunakan zoom…ternyata seruuu bisa lihat wajah mereka dan bisa denger suaranya dan bisa diskusi pelajaran via online. Plus lihat bagian rumah mereka yang masih sederhana..., masih banyak yang belum di cat...masih ada kayunya...mungkin ada juga segaian rumahnya yang belum dikeramik...

Untuk vasilitas atau vitur dalam zoom tersebut, dapat dilihat dalam gambar berikut:

Tapi kendalanya ya…sinyal…karena murid-murid yang memang tempat tinggalnya di gunung, jadi koneksi sinyal kurang begitu lancar.

Sisi lainnya adalah mereka jadi senang…dan gurunya juga seneng.

Jadi, bisa tuh jadi referensi bagi cikgu yang sekarang lagi di rumah...bisa online sama murid-muridnya, melakukan converence... relatif lebih mudah...

Oh iya…ada juga lho di zoom ini white boardnya….jadi bisa nulis-nulis tu…kayak di sekolahan gitu…tapi kalau menulisnya memang kurang begitu baik, mungkin harus pakai pen khusus ya…biar lebih mudah…


Begitu juga ketika di hape…saya lebih mudah menulis ketika pake pen khusus menulis jadi lebih mudah…

Oh iya, waktu meeting di zoom dibatasi 40 menit saja. Tetapi ada kasus meeting berhenti secara otomatis, ada juga meeting tetap berjalan dengan hanya klik notifikasinya.
Selanjutnya peserta untuk konferensi bisa sampai 100 peserta. 

Ada lagi yang sejenis sama Zoom ini namanya "webex" tetapi lebih mudah zoom jika dibanding webex...
Review besok ya...

Yup menggunakan IT, dunia digital dengan positif… yeaaaach…

Lanjut besok lagi yak... i love you...


Wassalamu’alaikum wrwb…




#hari1
#KeluargaMultimedia
#Ibu Profesional
#Bunda Sayang
#Level 12
#Tantangan 10 hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar