Sabtu, 21 Maret 2020

**Keluarga 🌟Multimedia**

Game Level 12
H-4
Bismillahirrohmaanirrohiim…




Assalamu’alaikum wrwb…
Melakukan kuis atau tes secara langsung dengan melihat layar atau LCD dan dapat melihat scor secara lasung, dapat melihat scor tertinggi adalah sangat menegangkan dan memunculkan adrenalin tersendiri. Nah salah satu aplikasi tersebut adalah “Kahoot”. 

Kahoot adalah permainan berbasis platform pembelajaran yang tidak berbayar, sebuah website di internet ynag dapat menghadirkan suasana kuis yang sangat seru di kelas.


Aplikasi ini sangat tergantung dengan yang Namanya internet dan jenis hape. Semakin bagus hape dan sinyal maka permiann menggunakan Kahoot semakin lancar.

Kasus yang sama dengan mengunakan aplikasi-aplikasi seperti yang telah dibahas pada hari sebelumnya, jika hubungannya dengan internet maka kami akan mengalami kesulitan menggunakannya.

Karena sekolah kami yang susah sinyal, maka untuk melakukan tes dengan Kahoot akan mengalami kesulitan. Sudah kami praktekkan walaupun terkendala sinyal. Anak-anak sampai harus naik-naik kelas yang letaknya lebih tinggi untuk masuk dalam game aplikasi tersebut. Ada yang bisa ada yang tidak bisa. Tetapi di sela-sela kendala tersebut, kami menikmatinya. Anak-anak kelihatan senang dan exited sekali. Mereka langsung dapat melihat seberapa banyak pengetahuan tentang pemahaman suatu konsep yang telah dipelajari. Seruu…

Selain saya buat game tersebut untuk kepentingan proses pembelajaran di sekolah, saya juga buat untuk mas F untuk mata pelajaran tertentu.

Untuk game dengan aplikasi tersebut, karena sepeti lomba meng”klik” jawaban dengan cepat, maka soal yang disajikan sebaiknya soal singkat, karena kalau soal bentuknya panjang anak akan mengalami kesulitan. Sebetulnya bisa juga dengan soal yang Panjang…tetapi akan mengurangi keseruan yang notabene adalah main cepat-cepatan.

Oh ya… cara main game aplikasi ini adalah dengan hape dan guru menggunakan laptod serta LCD. Jadi anak-anak ketika menjawab pakai hape masing-masing dan soal serta jawaban plus scor dapat muncul di layar computer yang disajikan dengan LCD agar dapat dilihat seluruh kelas. Sehingga kelas menjadi seru…


Alamat https://create.kahoot.it/. Adalah untuk membuat kuis dalam kahoot. Jika masih belum memiliki akun, lakukan registrasi terlebih dahulu. Kamu  dapat menggunakan akun email gmail untuk melakukan registrasi. Berikutnya anda dapat mulai membuat kuis. Dalam proses pembuatan kuis, guru dapat menembahkan soal, alternatif jawaban, menentukan jawaban yang benar, waktu untuk menjawab soal, dan pengaturan lain yang diperlukan. 

Setiap kuis yang dibuat, secara otomatis tersimpan pada akun kahoot. Jika mau main kahoot harus masuk melalui PIN dalam game tersebut. Siswa masuk ke akun kahoot melalui https://kahoot.it/ . 

Selama kuis berjalan guru mengendalikan permainan sepenuhnya terhadap kuis tersebut. Guru sebagai admit masuk aun kahoot malalui: https://getkahoot.com/

Admin dapat melakukan login menggunakan akun Gmail, atau akun lainnya. Tentunya ini memudahkan bagi yang sudah memiliki akun Gmail atau FB, karena dapat menggunakan single ID. Kahoot memiliki 4 fitur: game, kuis, diskusi dan survey. Untuk game, kita bisa membuat jenis pertanyaan, dan menentukan jawaban yang paling tepat serta waktu yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Uniknya, jawaban nantinya akan diwakili oleh gambar dan warna. Peserta diminta memilih warna/gambar yang mewakili jawaban

Berikut tampilan setelah insert https://getkahoot.com/


Selanjutnya klik yang “free” dan akan tampak tampilan:


Selanjutnya klik “host kahoot”, akan muncul tampilan:


Selanjutnya, klik “play” untuk memainkan kuis yang telah dibuat di kahoot.
Pilih kuis yang telah dibuat, misalnya sebagai berikut:





Pisisi tampilan di atas adalah saat menunggu peserta kuis masuk kelas Kahoot dengan pin tersebut.

Berikut tampilan soal di Kahoot:


Dan berikut adalah jawaban dari peserta yang menjawab:


Dan berikut tampilan skornya:


Selamat mencoba…





Wassalamu’alaikum wrwb…

#hari4
#KeluargaMultimedia
#Ibu Profesional
#Bunda Sayang
#Level 12
#Tantangan 10 hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar