Game Level 6
MENSTIMULASI
MATEMATIKA LOGIS
H-1
Bismillahirrohmaanirrohiim…
Assalamu’alaikum
wrwb…
Alhamdulillah
game level 6 sudah mulai…, wah semoga lancar sampai akhir…Aamiin. Apalagi sebagai
guru matemaika, sudah biasa kami melakukan apa yang disebut menstimulasi
matematika logis dalam keseharian kami.
Untuk hari ini
kebetulan yang kami lakukan adalah menstimulasi mas F agar tahu konsep
pembagian, karena kebetulan kami baru beli stok buah, dan diantaranya ada buah
kelengkeng. Yah langsung aja kami tancap gas mengeksekusi dengan mas F. Habis
pulang sekolah mas F ditahan (karena kebiasaan sebelum main sore adalah ngaji
dan baca walaupun cuma sedikit, tapi sekarang suka langsung kabuuur 😍😍😍). Saya langsung ambil piring enam buah dan meminta
mas F agar pura-pura membagi kelengkeng (sudah saya siapkan 21 buah), untuk dibagi
ke beberapa temannya. Mulai dari dua orang, tiga orang, sampai delapan orang. Eh
setelah mas F makan snack dink hi3…
Langkah pertama
mas F langsung mempraktekkan membagi 21 kelengkeng dengan 2 piring yaitu untuk
dua orang, eh ternyata dapat sepuluh untuk masing-masing orang dan sisa 1. Selanjutnya
ibu meminta mas F untuk menulis di papan alas tulis yang berwarna putih dengan
spidol.
Selanjutnya membagi kelengkeng untuk 3 orang eh ternyata
masing-masing orang dapat 7 buah dan bersisa nol.
Selanjutnya membagi kelereng untuk 4 orang eh
ternyata masing-masing orang dapat 5 buah sisa kelereng satu.
Selanjutnya membagi kelereng untuk 5 orang eh
ternyata masing-masing orang dapat 4 buah sisa kelereng satu
Selanjutnya membagi kelereng untuk 6 orang eh
ternyata masing-masing orang dapat 3 buah sisa kelereng tiga
Selanjutnya membagi kelereng untuk 7 orang eh
ternyata masing-masing orang dapat 3 buah sisa kelereng nol. Karena piring yang
disiapkan Cuma 6, maka mas F inisiatif menggunakan tutup toples terdekat dan
kotak snack untuk tempat membagi kelereng.
Selanjutnya membagi kelereng untuk 8 orang eh
ternyata masing-masing orang dapat 2 buah sisa kelereng lima.
Ketika membagi
kelereng mas F tentu saja sambil main, sambil melempar kelengkeng agar tepat di
piring yang diincar. Hal ini mensimulasi tentang estimasi jarak dan kekuatan
tangan agar kelengkeng tepat di piring, serta belajar sudut yang terbentuk ketika melakukan lemparan agar tepat.
Setelah semua
aktivitas selesai dan ditulis di papan putih mas F selanjutnya menyimpulkan
bahwa: Ternyata yang sisanya satu adalah jika dibagi 4 dan 5. Sisa nol jika kelereng
dibagi 7 atau dibagi 3. Yang sisanya sama mas F memberikan tanda khusus.
Selanjutnya :
Ibu : mas, jadi kalau 21
dibagi 7 berapa mas…?
Mas F : 3 sisanya nol
Ibu : Kalau 21 dibagi 3
berapa mas…?
Mas F : 7 sisa nol
Ibu : Jadi 7 x 3 berapa
mas?
Mas F : 21
Ibu : 3 x 7 ?
Mas F : 21
Ibu : Weh kok hebat mas…?
Mas F : iyalah aku kan sudah
mudeng 7 x 3 bu… (seperti biasa dia adalah anak yang harus dibilang wow gitu
alias harus dipuji terus…, I love u mas…)
Bisa
menyimpulkan seperti itu…alhamdulillah, wah3 kami tidak terasa selama 60 menit
belajar bersama tentang konsep pembagian dan senangnya mas F betah sampai lama
wkwkkw…
Mas selanjutnya
dibagi “ini (melanjutkan)” yukkk…? Tetapi mas F ternyata sudah minta selesai
dan bilang mau main bu…eh3 sambil mau nangis gitu dech…hi3…ok3 cukup belajar
hari ini…hahhaha si Umak terlalu semangat. Akhirnya belajar kami sudahi dan mas
F kabur main setengah jam. Alhamdulillah… mmmmuuaaaachhh. Nanti jangan lupa habis maghrib ngaji dan baca..."iya bu...(sambil lari pergi main)" 😘😘😘
Yuk ach next
stimulasi apa lagi ya…let c tumorrow… 😊
Cukup dulu yach…
Wassalamu’alaikum
wrwb…
We Love Math …
#hari1
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar