Kamis, 05 September 2019


Game Level 6

MENSTIMULASI MATEMATIKA LOGIS
H-1


Bismillahirrohmaanirrohiim…

Assalamu’alaikum wrwb…
Alhamdulillah game level 6 sudah mulai…, wah semoga lancar sampai akhir…Aamiin. Apalagi sebagai guru matemaika, sudah biasa kami melakukan apa yang disebut menstimulasi matematika logis dalam keseharian kami.

Untuk hari ini kebetulan yang kami lakukan adalah menstimulasi mas F agar tahu konsep pembagian, karena kebetulan kami baru beli stok buah, dan diantaranya ada buah kelengkeng. Yah langsung aja kami tancap gas mengeksekusi dengan mas F. Habis pulang sekolah mas F ditahan (karena kebiasaan sebelum main sore adalah ngaji dan baca walaupun cuma sedikit, tapi sekarang suka langsung kabuuur 😍😍😍). Saya langsung ambil piring enam buah dan meminta mas F agar pura-pura membagi kelengkeng (sudah saya siapkan 21 buah), untuk dibagi ke beberapa temannya. Mulai dari dua orang, tiga orang, sampai delapan orang. Eh setelah mas F makan snack dink hi3…

Langkah pertama mas F langsung mempraktekkan membagi 21 kelengkeng dengan 2 piring yaitu untuk dua orang, eh ternyata dapat sepuluh untuk masing-masing orang dan sisa 1. Selanjutnya ibu meminta mas F untuk menulis di papan alas tulis yang berwarna putih dengan spidol.
Selanjutnya membagi kelengkeng untuk 3 orang eh ternyata masing-masing orang dapat 7 buah dan bersisa nol.
Selanjutnya membagi kelereng untuk 4 orang eh ternyata masing-masing orang dapat 5 buah sisa kelereng satu.
Selanjutnya membagi kelereng untuk 5 orang eh ternyata masing-masing orang dapat 4 buah sisa kelereng satu
Selanjutnya membagi kelereng untuk 6 orang eh ternyata masing-masing orang dapat 3 buah sisa kelereng tiga
Selanjutnya membagi kelereng untuk 7 orang eh ternyata masing-masing orang dapat 3 buah sisa kelereng nol. Karena piring yang disiapkan Cuma 6, maka mas F inisiatif menggunakan tutup toples terdekat dan kotak snack untuk tempat membagi kelereng.

Selanjutnya membagi kelereng untuk 8 orang eh ternyata masing-masing orang dapat 2 buah sisa kelereng lima.
Ketika membagi kelereng mas F tentu saja sambil main, sambil melempar kelengkeng agar tepat di piring yang diincar. Hal ini mensimulasi tentang estimasi jarak dan kekuatan tangan agar kelengkeng tepat di piring, serta belajar sudut yang terbentuk ketika melakukan lemparan agar tepat.

Setelah semua aktivitas selesai dan ditulis di papan putih mas F selanjutnya menyimpulkan bahwa: Ternyata yang sisanya satu adalah jika dibagi 4 dan 5. Sisa nol jika kelereng dibagi 7 atau dibagi 3. Yang sisanya sama mas F memberikan tanda khusus.
Selanjutnya :
Ibu                         : mas, jadi kalau 21 dibagi 7 berapa mas…?
Mas F                    : 3 sisanya nol
Ibu                         : Kalau 21 dibagi 3 berapa mas…?
Mas F                    : 7 sisa nol
Ibu                         : Jadi 7 x 3 berapa mas?
Mas F                    : 21
Ibu                         : 3 x 7 ?
Mas F                    : 21
Ibu                         : Weh kok hebat mas…?
Mas F                    : iyalah aku kan sudah mudeng 7 x 3 bu… (seperti biasa dia adalah anak yang harus dibilang wow gitu alias harus dipuji terus…, I love u mas…)

Bisa menyimpulkan seperti itu…alhamdulillah, wah3 kami tidak terasa selama 60 menit belajar bersama tentang konsep pembagian dan senangnya mas F betah sampai lama wkwkkw…
Mas selanjutnya dibagi “ini (melanjutkan)” yukkk…? Tetapi mas F ternyata sudah minta selesai dan bilang mau main bu…eh3 sambil mau nangis gitu dech…hi3…ok3 cukup belajar hari ini…hahhaha si Umak terlalu semangat. Akhirnya belajar kami sudahi dan mas F kabur main setengah jam. Alhamdulillah… mmmmuuaaaachhh. Nanti jangan lupa habis maghrib ngaji dan baca..."iya bu...(sambil lari pergi main)" 😘😘😘

Yuk ach next stimulasi apa lagi ya…let c tumorrow… 😊
Cukup dulu yach…
Wassalamu’alaikum wrwb…
We Love Math …



#hari1
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar