Jumat, 05 April 2019


KOMUNIKASI PRODUKTIF DENGAN ANAK
GAME LEVEL-1-T10-H9

          Assalamualaikum...ibu salim..., mas F cium tanan dan langsung cerita bahwa ia pulang lama dari masjid karena sudah baca Al Quran di masjid dan sudah berdoa kemudian sholat lagi dua rokaat. Wah...hebat ...sholat apa yang dua rokaat mas? sholat mahrib kan 3 rokaat? bukan bu...nah setelah sholat 3 rokaat to...terus aku berdoa terus sholat lagi 2 rokaat, sholat sunah bu..., oh gitu to..wah pahalanya banyak sekali mas...luar biasa..., matanya langsug berbinar...terus saya bilang, mas...kalau ngaji kan harus disimak ibu biar bisa dibetulkan jika ada yang masih salah...sekarang ambil Al Quran yuk...kita ngaji bentar satu hlaman saja ibu yang menyimak biar kalau ada yang salah dapat dibetulkan...Loh kok satu halaman? iya seperti biasa to cuma satu halaman kalau konsentrasi pasti bisa cepet...OK? Yuk ambil Al Qurannya..., mas F segera ambil Al Quran dan ngaji di sampmg saya dengan nyaman.
Kejadian mas F lapor kalau sudah baca Al Quran di masjid adalah modus mas F tidak mau baca Al Quran dirumah karena nanti akan lebih lama, sehingga alasannya sudah baca dulu di masjid. Biasanya mas F kalau saya minta untuk ngaji lagi tidak mau dan ngambek karena keburu mau main lagi. Alhamdulillah hari ini berjalan tidak seperti biasanya. Walaupun sudah baca Al Quran di masjid masih mau baca lagi di rumah.
Assalamualaikum...! muka manyun... J. Waalaikum salam sayang..., tidak mau jawab! Kata mas F sambil menuju ruang tamu. Ah biasanya kalau seperti ini baru berantem sama temannya. Kenapa mas ...(sambil usap punggung dan melihat wajahnya)? kok tiba-tiba cemberut gitu...?itu loh Andira...tadi kan aku udah minta maaf tapi malah nangis dan g mau memaafkan....Oh...baru main plosotan to tadi ...? (kebiasaannya kalau ijin sholat lebih awal main plosotan dahulu deket masjid), terus Andira jatuh...?Iya kan aku udah minta maaf malah g mau memaafkan... (diulangi lagi...). Mas F kan yang mendorong Andira?iya bu...katanya sambil cemberut. Nah kan mas F yang salah to karena mendorong Andira, mas F kok malah marah-marah...?mas F harus sabar, apalgi mas F lebih besar to...jadi harus lebih tahu ya...Kejadian seperti ini sering terjadi ketika ijin sholat awal pasti main dulu baru sholat dan main lagi sambil pulang..., nah biasanya saya langsug cus marah karena main sebelum dan sesudah sholat...dan mas F langsung cemberut dan tidur... J. Alhamdulillah aman terkendali.
          Selanjutnya mas F main lego lagi...Ujung-ujungnya ketika masih cemberut dilanjutkan sama keinginannya beli sepeda...mukanya sedih karena belum dibelikan sepeda...Mas kemarin kita sudah deal to...sambil nunggu ibu nabung mas F baca buku dulu to... itu buku EBMnya masih banyak...mas..yang sabar...ditahan keinginannya sampai ibu cukup uang dulu ya...sekarang konsentrasi baca dulu...iya bu...jawabnya dengan muka yan masih cemberut. Mas...lihat laptop punya ibu yang biru...?itu rusak lho mas...tapi ibu belum beli karena ibu baru nabung dulu biar uangnya cukup...ibu masih sabar sampai nanti bisa beli...dengan muka yang sudah mulai empati ke ibunya mas F bilang iya bu...matanya sambil berkaca-kaca. Mas F harus sabar..., kan mas F selalu beli mainan yang lain..dan itu harus dsyukuri...nnati kalau uang ibu cukup kita beli sepeda ya...iya bu...
Alhamdulillah berhasil melunakkan hati mas F yang hari ini marah sama temannya dan ingin segera beli sepeda... dengan menahan emosi, simpati dan jelas memberika pujian membuat semua berjalanlancar hari ini...



#hari9
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar