Selasa, 02 April 2019


KOMUNIKASI PRODUKTIF DENGAN ANAK
GAME LEVEL-1-T10-H6


Sore ini...setelah mas F solat ashar...kok lama pulangnya ya...eh ternyata ada kejutan...(kata masa F), ternyata baru potong rambut, yang seharusnya semalam, tetapi semalam tempat potong rambutnya udah tutup. Mas F langsung mandi, dan ketika sudah rapi langsung baca buku (maunya baca dulu, mas F sudah tahu kalau mau main baca Al-Quan dan baca buku). Eh sebelum baca mas F sudah beresin mianan dulu...wah hebat betul ini anak soleh... dan mengembalikan sarung di tempatnya lagi..., wah hebat... I love U.... (aku kan sudah tahu merapikan mainan...jawab mas F, sambil senyum mesra...). Selanjutnya baca dengan khusuk :)...Ok mas...hebat..., selanjutya mas F pamit mau main dan bilang "aku tahu waktu bu...sambil salim dan cium". Lho...baca Al-Qurannya belum ya... (nanti malam ya bu...sambil cium tangan). Ok dech...(hari hampir mahrib, kalo dilanjutkan dengan baca Al-Quran nanti tidak bisa main...biasanya mas F marah karena tidak sempat main J). Pulang hampir Mahrib...tapi bareng temannya karena mas F bilang mau sekalian berangkat solat mahrib. Sambil nunggu mahrib mas F ajak temannya baca buku dulu. Setelah adzan mereka berangkat sholat mahrib.

Setelah mahrib...harusnya baca Al-Quran...tetapi masih mau baca buku lagi...bilangnya nanti ngaji setelah isa bu...Ok mas....tapi habis isa lho ya..., iya bu ...jawab mas F. Setelah baca buku mas F main sama adeknya sambil makan bakpao. Pulanglah dari sholat isa...eh kok langsung narik tangan saya dan bilang mau lihat vidio yang ada lagu buat tampil besok yaitu lagu “aku bisanya-Seagame”. Ok...satu kali ya...Saya pun diminta melihat mas F menari “aku bisaa” yang akan ditampilkan besok ketika Pentas Akhir Tahun. Sayapun sekalian ambil vidionya biar ada jejak memori J. Eh...habis itu malah mau lihat vidio yang lain. Katanya ini dulu bu.... Ok lah mas..., nanti habis ini lho baca Al-Quran.... Ya bu...kata mas F. Belum lagi membaca...mas F makan es krim dulu. Ya...dimakan dulu. Selanjutya saya mengingtakan utuk baca Al-Quran.
Ini adalahgambar mas F menari :)


Waktunya baca Al-Quran...ya mas...(sambil lihat wajahnya dan pegang tangannya), Iya bu...tapi minta tolong diambilin Al-Qurannya bu... (Ok sayang...). Tentu badan yang penuh keringat setelah menari  membuat baca AlQuran pun tidak yaman karena gatal-gatal. Akhirnya mas F bersih-bersih dahulu. Kemudian melanjutkan baca Al-Quran yang tadi pending. Tetapi baru sebentar baca Al-Quran mas F sudah nawar,”bu...yang setengah ini lanjut besok ya... “(mas F sudah kelihatan ngantuk). Lho tadikan mas F bilang sendiri to mau baca setelah sholat isa...ini kan sudah lama to dari Isha,sudah nari, makan es krim, makan bakbao dan lain-lain, kok malah tidak jadi menyelesaikan baca Al-Quran...?
Mas...(sambil mengalihkan mata mas F agar melihat mata saya). Mas...tadi kan bilang mau baca Al-Quran setelah isa to... nah sekarang sudah ngantuk..., mas...besok lagi kalo baca Al-Quran segera ya mas...jangan ditunda karena akan mengganggu mas F sendiri jadi tidak tertib to..., mas F mengiyakan tetapi manyun J). Baca Al-Quran pun dilanjutkan sampai selesai. Selanjutnya mas F makan roti dan wafer sambil manyun...Setelah itu gosok gigi dan bobo dengan salam tetapi masih manyun.... Ah sedih kalo akhir pamitan malam seperti ini...
Saya sudah berusaha mengendalikan emosi dan menggunakan suara ramah,...tetapi tentu saja masih banyak hal yang perlu dipelajari kenapa mas F masih mengulur-ngulur waktu ketika diminta untuk melaksanakan pilihannya sendiri. Ketika mas F minta untuk melanjutkan baca Al-Quran besok, saya tidak setuju dan meminta untuk segera menyelesaikan karena besok baca halaman yang lain lagi yang artinya semakin banyak yang dibaca, sehingga kalau menunda kerjaan akan merugikan sendiri. Saya bermaksaud untuk melatih konsisten dengan apa yang dijanjkan mas F sindiri. Selain itu, saya juga melakukan refleksi pengalaman tentang menunda pekerjaan yang akhirnya merugikan diri sendiri. Mas F mengiyakan semua yang saya katakan tetapi muka masih manyun... J. I
Insyaallah masih terus belajar....

I love u mas F...besok sambut hari penuh ceria ya...karena pilihan mas F hanya dua, bahagia atau bahagia sekali... :)  




#hari6
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar