Rabu, 03 April 2019

KOMUNIKASI PRODUKTIF DENGAN ANAK

GAME LEVEL-1-T10-H7



Hari ini, Rabu 3 April 2019 libur Isro’Mi’roj saya belajar menahan emosi dari kegiatan mas F. Karena di pagi hari ketika mau berangkat pentas ternyata ada sabuk yang belum disiapkan dan untuk mencarinya butuh waktu yang lama. Biasanya saya langsung cus marah....bla...bla...bla...dan diujung cerita biasanya mas F berangkat dengan muka cemberut dan salim pun cemberut...selanjutnya saya menahan emosi lagi ketika ada baju sekolah masih dikamarnya dengan berantakan..., dan ketika kewajiban ngaji yang harusnya sore dan malam ternyata hari ini hanya sekali saja yang malam hari. Hari ini saya membiarkan mas F mendapat keringanan karena libur biar tidak cemberut terus. Tetapi secara umum mas F sudah melaksanakan kewajiban yang biasa dikerjakan dengan baik.

Ketika sore setelah sholat ashar, mas F langsung salim dan bilang mau baca dan bilang bahwa ngajinya nanti habis mahrib ya bu...biar tidak seperti kemarin yang kemalaman sehingga pas ngaji sudah ngantuk. Setelah baca masa F langsung salam dan lari...belum merapikan mainan karena dia bilang nanti mau dipakai lagi ...Saya membiarkan lagi, dan mas F langsung lari pergi main...saya berusaha slow... lagi...J
Setelah solat mahrib, saya hampir naik daun lagi karena ketika ngaji mulai ngeyel dan tidak mau ngaji bareng saya karena lama..., mas F inginnya cepet-cepet. Alhamdulillah bisa dilalui dengan damai. Setelah sholat isa main lego sampai lama... dan ketika diminta merapikan mainannya masih belum mau, dan saya masih membiarkan saja...sampai akhirnya saya dekati dan masih belum mau juga ...saya tinggal lagi dan setelah pukul 21.30 saya dekati lagi dan meminta mas F agar merapikan mainannya. Alhamdulillah mau merapikan dengan sedikit minta bantuan ibu. Ternyata Mas F membuat bengkel tingkat dan membuat kafe dari lego yang dia susun. Selain itu mas F juga belajar IPA yaitu tentang rotasi bumi menggunakan senter yang baru dibelinya. Hal ini ditunjukkan ke ibu... Selanjutnya bersih-bersih dan tidur....
Alhamdulillah dengan sedikit memberikan kelonggaran waktu bisa menahan emosi dan ternyata yang dipelajari dan dibuat mas F juga banyak walaupun mainnya juga lama...Susunan lego yang mas F buat adalah bengkel tingkat (seperti gambar di kiri atas) dan kafe seperti tampak berikut :) 

Mas F...mas F...tetap semangat belajar ya...mainmu adalah belajarmu... muah3... dan ibu yang belajar dari mas F...


#hari7
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar