Rabu, 14 Agustus 2019


GAME LEVEL 5
Menstimulasi Anak Suka Membaca
💦💦💦💦💦💦💦💦
H-7

Bismillahirrohmaanirrihiim..
Assalamu’alaikum wrwb…,
Hari ini tantangan ke-7…alhamdulilla…masih lama prosesnya…semoga selalu semangat…aamiin 😊.
Setelah mas F baca al Quran selanjutnya baca buku tentang nabi Harun as. Tentu saja tidak semulus yang saya tuliskan di atas… kalau mas F setelah ngaji baca buku dan sebagainya...banyaaaak sekali acara dan jedanya, mulai nunggu 2 menit lagi ngajinya…nunggu satu menit lagi karena masih kenyang, nunggu mau minum dulu dan kawan-kawannya…hahaha, tetapi alhamdulillah berjalan juga…habis itu mas F langsung KO. Ibu belum sempat tanya apa isi dari bacaan yang dibaca… 😊 😊 😊 eh… lihat tidur pulasnya…masyaallah semoga selalu sholih ya nak sayaaaang….

Yuk ahhh lanjut…, sementara dek Aufa baca kamus Bahasa Inggris..weeeh kereen “tenan” ini hahaha…Dek Aufa baca sama bapak…judulnya “My Happy Dictionary New Supermarket dan At the sport Center”, tentu matanya berbinar nyari-nyari warna yang cerah dan ingin melahapnya…ummm yummmi hhaha…dia anak yang cerdas…Aamiin. Btw, selain kebisaannya yang kemarin diceritakan, tentang tepuk tangan, ambil mainan di lantai, ada juga lho yang lain…iya…dek Aufa bisa menggerakkan tangannya untuk say good bye “dadah…”. Gemeeeesss banget 😊
 


Ibu baca apa ya hari ini…? Hi3 alhamdulillah baca bukunya Munif Chatib yang berjudul “gurunya manusia”, sebebarnya sudah pernah saya baca duluuuu sampai lupa isinya 😊, ya…yang saya tuju adalah halaman 72 yang membahas tentang discovering ability, yaitu menjelajah kemampuan anak meskipun sekecil debu dan bukan pencarian untuk menemukan yang apabila tidak menemukan maka proses mencari akan terhenti, tetapi aktivitas pencarian dengan tekad dan komitmen bahwa “pasti akan menemukan”. Memang hal ini butuh sekali tekad dan komitmen, dan njlimet…, lebih susah menemukan jarum dalam jerami yak… 😊 apalagi saya sebagai guru di daerah terpencil yang mana murid-muridnya bukan pilihan dari tes (sebelum zonasi), melainkan semua anak yang tinggal di sekitar sekolah tersebut, baik yang kata orang “pinter” atau “tidak pinter” bahkan tidak mandi (eh tidak ada hubungannya ya…hi3)…semua ditampung di sekolah saya…bahkan yang tidak mau sekolahpun dijemput…

Bagaimana menemukan ability-nya? Harus penuh perjuangan untuk menemukannya…saya bahkan sampai melebihi peran guru konseling untuk melihat kemampuan murid-murid saya…dan saya takut kalau mereka “takut kepada saya😊”. Dengan berusaha melihat apa yang dikerjakan siswa secara maksimal dan kenapa mereka belum bisa dan sebagainya…, berusaha mengajar di kelas dengan bahagia dan menyenangkan, serta berusaha mendorong siswa untuk lebih banyak beraktivitas…seperti yang dipaparkan Chatib Munif di halaman selanjutnya…(dan dan dan saya belum bisa…). Insya Allah terus semangatzzz…. 😊 curcol ya…hi3…
Udah dulu ach cerita hari ini….sambung lagi besok…

Wassalamualaikum wrwb…semangat membaca ya…
 Eh dapat 4 daun ya hari ini yeeee alhamdulillah ...


Berikut Reading Trackernya:
Mas F:
Tanggal
Judul Buku
Sub bab
Hal
Perasaan
8-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Musa
29
Masih suka dirayu untuk membaca

Aku suka berterima kasih
-
-


Aku selalu hati-hati
-
-

9-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Isa
38-40
Awal cemberut , akhir senyum 😊

Aku anak yang suka berbagi


Keinginan sendiri
10-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Shalih as
8-9
Masih dirayu 😊
11-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Ismail as
15-16
Awalnya masih dirayu tetapi selanjutnya cerita tentang nabi Ismail sindiri 😊
12-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Yusuf

Masih perlu motivasi

Aku anak Santun


Tanpa paksaan, mau sendiri
13-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Daud as

Mulai tanpa dirayu…😊
14-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Harun as
35
Mau Sendiri

Adek Aufa:
Tanggal
Judul Buku
Sub bab
Hal
Perasaan
8-Agustus-2019
Aku suka berterima kasih
-
-
Bahagia

Aku selalu hati-hati



9-Agustus-2019
Aku Sayang Allah


Bahagia
10-Agustus-2019
Aku suka berhati-hati


Bahagia
11-Agustus-2019
Aku tidak takut ke dokter


Exciting
12-Agustus-2019
Aku Anak Santun


Exciting

Aku suka ke luar kota


Exciting
13-Agustus-2019
Aku Anak jujur


Exciting
14-Agustus-2019
My Happy Dictionary New Suoermarket


Exciting

My Happy Dictionary At the Sport Center


Exciting

Ibu:
Tanggal
Judul Buku
Sub bab
Hal
Perasaan
13-Agustus-2019
How to master ur habits
Bab 1 dan 2
-
Bahagia
14-Agustus-2019
Gurunya Manusia

72
Bahagia dan manfaat


#hari7
#gamelevel5
#tantangan10 hari
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar