Rabu, 21 Agustus 2019


GAME LEVEL 5

Menstimulasi Anak Suka Membaca
πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦
H-14

Assalamu’alaikum wrwb…
Alhamdulillah hari ke empatbelas ya…

Ah mas…tadi baca buku…?”iya bu (janjinya baca buku karena ibu baru pergi)”. Mana bukunya mas…? “ini bu…”. Hi3 apa coba yang ditunjukkan mas F…? ahaaai buku mewarnai angry bird J, eits nanti dulu…, observasi dulu…

Mas kok buku ini, kan tidak ada bacaannya mas…? ”ini lho bu kan ada gambarnya aku bercerita (baca: menceritakan)”. Oh…maksudnya mas F menceritakan buku angry bird itu, buku yang hanya ada gambanya?”iyaaa, nah…mas F yang buat cerita sendiri…, gitu lho bu…?” katanya. Ok3…(senyum bahagia)”. Ok mas siiiip (tapi bukan cari alasan untuk tidak membaca kan ya…soalnya dia tu bisa banget ngeles gitu…dan walaupun biasa seperti itu ibunya seringkali juga terlena dengan kecerdikannya…hahahah…mas3…ok lah siiip lanjut imajinasimu nak sayangku manisku sholehku… J)
Sedangkan adek Aufa selain baca buku-buku yang sudah dibaca kemarin juga nambah judul yang baru yaitu buku HB dengan judul “Aku Bisa Mandi Sendiri dan Aku Bisa pakai Baju Sendiri”. Ah sekarang buku-buku yang sudah dibaca ditaruh di kasur jadi suatu saat dek Aufa bisa baca bahkan bangun tidur sekalipun…hi3…, lucunya lagi, sekarang dia lagi suka tepuk tangan, jadi bangun langsung tepuk tangan dan baca buku…wah…kereen amat sih ini anak… J I love you nak sayang manisku sayangku sholehahku…mmmmuaaahh… J J J

Sedangkan ibu, masih dengan bab-bab yang ada di bukunya ustad Felix dengan ”How to Master ur Habits”nya. Bab selanjutnya ustad Felix menyatakan membentuk habits sama seperti membentuk jaringan jalan di kota, semakin luas dan banyak , maka semakin cepat transportasi informasi”. Dan untuk kali pertama dalam membentuk habits, tentu akan mengalami kesulitan, dan hal inilah yang akan membuat habits menjadi terkesan.

Prinsip kelembaman (inersia) menyatakan bahwa suatu benda yang memiliki massa akan selalu cenderung untuk mempertahankan keadaan semula. Sehingga perlu adanya gaya dari luar (external farce) agar kondisi tidak berubah. Hukum kelembaman ini dapat dilihat pada kereta api yang bejalan meninggalkan stasiun. Kita pun akan menemui hukum kelembaman dalam latihan selama 3o hari membentuk habits. Kesulitan terjadi pada awalnya dan akan selalu begitu. Bahkan menjalani habits sepuluh hari awal akan mungkin telah menyelesaikan 75% kesulitan dalam membentuk habits. Dan cara yang seringkali berhasil adalah dengan ”just do it”. (hal:78,79)

Secara umum, menurut para ahli ada tiga milistone yang dapat dijadikan panduan dalam membentuk habits: pertama: Aktivitas yang dilakukan kontinu dalam waktu 30 hari. Pada tahap ini habits baru telah terbentuk hanya saja masih rapuh dan keinginan untuk kembali ke habits awal lebih kuat dibandingkan melanjutkan ke habits yang baru. Milestone kedua terletak pada 2 x 30 hari. Pada waktu ini, baik habits baru maupun habits lama sama kuatnya. Melistone ketiga pada 3 x 30 hari (satu tahun). Habits baru yang terbentuk insya Allah telah solid dan menjadi program yang hampir permanen, otomatis terjadi pada diri kita seperti gerak refleks.

Wah jadi punya rencana untuk sholat malam walau cuma dua rokaat, selama milestone pertama dulu…

Yuk3… 😊 😊 😊

Yuk semangat membaca dan menuju milestone pertama menuju milestone kedua untuk habits yang lebih baik…
Sekian dulu ya gaes…

Wassalamualaikum wrwb…

Berikut Reading Trackernya:
Mas F:
Tanggal
Judul Buku
Sub bab
Hal
Perasaan
8-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Musa
29
Masih suka dirayu untuk membaca

Aku suka berterima kasih
-
-


Aku selalu hati-hati
-
-

9-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Isa
38-40
Awal cemberut , akhir senyum 😊

Aku anak yang suka berbagi


Keinginan sendiri
10-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Shalih as
8-9
Masih dirayu 😊
11-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Ismail as
15-16
Awalnya masih dirayu tetapi selanjutnya cerita tentang nabi Ismail sindiri 😊
12-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Yusuf

Masih perlu motivasi

Aku anak Santun


Tanpa paksaan, mau sendiri
13-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Daud as

Mulai tanpa dirayu…😊
14-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Harun as
35
Mau Sendiri
15-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Ibrahim dan Nabi Isa

Mau Sendiri

Naruto


Mau Sendiri
16-Agustus-2019
Hijrah Nabi di Gua Tsur


Mau sendiri
17-Agustus 2019




18-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Luth

Mau sendiri


My Happy Dictionary At the Sport Center


19-Agustus-2019
My Happy Dictionary At the airport


Mau sendiri

My Happy Dictionary Sea Animal


Mau sendiri
20 Agustus -2019
Angry Bird


Mau Sendiri

Adek Aufa:
Tanggal
Judul Buku
Sub bab
Hal
Perasaan
8-Agustus-2019
Aku suka berterima kasih
-
-
Bahagia

Aku selalu hati-hati



9-Agustus-2019
Aku Sayang Allah


Bahagia
10-Agustus-2019
Aku suka berhati-hati


Bahagia
11-Agustus-2019
Aku tidak takut ke dokter


Exciting
12-Agustus-2019
Aku Anak Santun


Exciting

Aku suka ke luar kota


Exciting
13-Agustus-2019
Aku Anak jujur


Exciting
14-Agustus-2019
My Happy Dictionary New Suoermarket


Exciting

My Happy Dictionary At the Sport Center


Exciting
15-Agustus-2019
Aku Cantik Pakai Jilbab


Exciting

Aku Belajar Puasa


Exciting
16-Agustus-2019
Rosul Sayang Binatang


Exciting
17-Agustus-2019




18-Agustus-2019
Cerita tentang BerHaji


Exciting
19-Agustus-2019
Ibnu Haitsam ahli fisika dan matematika dan


Exciting

Abu Khair Ahli Pertanian


Exciting
20-Agustus-2019
Aku Bisa Mandi Sendiri dan


Exciting

Aku Bisa pakai Baju Sendiri


Exciting

Ibu:
Tanggal
Judul Buku
Sub bab
Hal
Perasaan
13-Agustus-2019
How to master ur habits
Bab 1 dan 2
-
Bahagia
14-Agustus-2019
Gurunya Manusia

72
Bahagia dan manfaat
15-Agustus-2019
Gurunya Manusia

139
Bahagia
16-Agustus-2019
How to master ur habits


Bahagia
17-Agustus-2019
How to master ur habits

43
Bahagia dan termotivasi
18-Agustus-2019
Situs-situs tentang ibu tri Mumpuni


Bahagia dan termotivasi
19-Agustus-2019
Witing Tresno jalaran soko Kulino, Tumbuhnya cinta karena terbiasa


Pengin ke milestone pertama
20-Agustus-2019
How to master ur habits
78-82




#hari14
#gamelevel5
#tantangan10 hari
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar