Selasa, 20 Agustus 2019


GAME LEVEL 5

Menstimulasi Anak Suka Membaca
πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦
H-13



Assalamu’alaikum wrwb…
Alhamdulillah hari ke tigabelas ya…
Hari ini alhamdulillah dek Aufa banyak membaca…, buku-buku HB yang sudah dibaca masih dibacakan sama bapak…dilanjutkan buku-buku yang baru…yaitu berjudul “Aku Anak Sabar dan Aku Makan Sendiri”, sedangkan mas F juga baca buku-buku HB seperti dek Aufa, dan dilanjut buku “My Happy Dictionary at The Airport dan Sea Animal”. Alahmdulillah terus membaca…

Alhamdulillah ibu baca juga masih dengan bukunya Ustad Felix Siau, masih dengan habits yang terbentuk dengan dua hal yaitu practice and repetition. Selanjutnya bagaimana untuk dapat melakukan practice and repetition. Menurut usatd Felix, agar kita bisa melakukan hal tersebut, adalah dengan melihat “strong why-nya”. Banyak contoh-contoh yang awalnya tidak bisa melakukan practice and repetition, tetapi karena tiba-tiba ada strong why-nya maka selanjutnya bisa melakukan practice and repetition.

Contohnya adalah orang gendut yang diminta lari kemudian bilang “aku tidak bisa lari karena aku gendut”. Tetapi coba bayangkan jika orang gendut tersebut dikejar anjing yang ganas, apakah orang gendut tersebut akan diam saja atau akan usaha dengan lari sekuat tenaga …? Ya tentu saja akan lari…, karena dia sekarang sudah punya strong why-nya, yaitu kalau tidak lari maka anjing akan menggigit dan mencabiknya, sehingga hal tersebut memaksa dia lari sekuat tenaga.

Selanjutnya bagaimana jika sudah practice and repetition, tetapi masih belum muncul habits-nya? Ustad Felix mengatakan bahwa mungkin practice and repetition masih belum cukup untuk memunculkan habits tersebut. Habits akan muncul baik dengan terpaksa atau suka rela jika sudah melakukan practice and repetition yang cukup.

Contoh lain yang terbentuk setelah practice and repetition muncul habits adalah dalam penelitian Pavlov yang melakukan practice and repetition  terhadap anjing, yaitu ketika mau makan di bel dahulu. Nah karena sudah melakukan practice and repetition yang cukup, maka anjing tersebut air liurnya sudah keluar hanya dengan mendengar bel yang dibunyikan sebagai tanda waktu makan. Jadi, hanya dengar bel air liur anjing lansung muncul.
Jadi bagaimana manusia tidak bisa memunculkan habits, sedangkan anjing yang tidak punya akal saja bisa memunculkan habits?

‘Sekian dulu ah….ngantuek tenan…


Wassalamualaikum wrwb…yuk semangat membaca ya…

Berikut Reading Trackernya:
Mas F:
Tanggal
Judul Buku
Sub bab
Hal
Perasaan
8-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Musa
29
Masih suka dirayu untuk membaca

Aku suka berterima kasih
-
-


Aku selalu hati-hati
-
-

9-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Isa
38-40
Awal cemberut , akhir senyum 😊

Aku anak yang suka berbagi


Keinginan sendiri
10-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Shalih as
8-9
Masih dirayu 😊
11-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Ismail as
15-16
Awalnya masih dirayu tetapi selanjutnya cerita tentang nabi Ismail sindiri 😊
12-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Yusuf

Masih perlu motivasi

Aku anak Santun


Tanpa paksaan, mau sendiri
13-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Daud as

Mulai tanpa dirayu…😊
14-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Harun as
35
Mau Sendiri
15-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Ibrahim dan Nabi Isa

Mau Sendiri

Naruto


Mau Sendiri
16-Agustus-2019
Hijrah Nabi di Gua Tsur


Mau sendiri
17-Agustus 2019




18-Agustus-2019
Kisah Nabi dan Rosul
Nabi Luth

Mau sendiri


My Happy Dictionary At the Sport Center


19-Agustus-2019
My Happy Dictionary At the airport


Mau sendiri

My Happy Dictionary Sea Animal


Mau sendiri

Adek Aufa:
Tanggal
Judul Buku
Sub bab
Hal
Perasaan
8-Agustus-2019
Aku suka berterima kasih
-
-
Bahagia

Aku selalu hati-hati



9-Agustus-2019
Aku Sayang Allah


Bahagia
10-Agustus-2019
Aku suka berhati-hati


Bahagia
11-Agustus-2019
Aku tidak takut ke dokter


Exciting
12-Agustus-2019
Aku Anak Santun


Exciting

Aku suka ke luar kota


Exciting
13-Agustus-2019
Aku Anak jujur


Exciting
14-Agustus-2019
My Happy Dictionary New Suoermarket


Exciting

My Happy Dictionary At the Sport Center


Exciting
15-Agustus-2019
Aku Cantik Pakai Jilbab


Exciting

Aku Belajar Puasa


Exciting
16-Agustus-2019
Rosul Sayang Binatang


Exciting
17-Agustus-2019




18-Agustus-2019
Cerita tentang BerHaji


Exciting
19-Agustus-2019
Ibnu Haitsam ahli fisika dan matematika dan


Exciting

Abu Khair Ahli Pertanian


Exciting

Ibu:
Tanggal
Judul Buku
Sub bab
Hal
Perasaan
13-Agustus-2019
How to master ur habits
Bab 1 dan 2
-
Bahagia
14-Agustus-2019
Gurunya Manusia

72
Bahagia dan manfaat
15-Agustus-2019
Gurunya Manusia

139
Bahagia
16-Agustus-2019
How to master ur habits


Bahagia
17-Agustus-2019
How to master ur habits

43
Bahagia dan termotivasi
18-Agustus-2019
Situs-situs tentang ibu tri Mumpuni


Bahagia dan termotivasi
19-Agustus-2019
Witing Tresno jalaran soko Kulino, Tumbuhnya cinta karena terbiasa





#hari13
#gamelevel5
#tantangan10 hari
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar